Sabtu, 19 Januari 2013

Kenikmatan di Ketinggian 2.968 m

Gunung Merapi merupakan obyek pendakian yang populer. karena gunung ini merupakan gunung yang sangat mempesona. Jalur pendakian yang paling umum dan dekat adalah melalui sisi utara dari Selo, Boyolali, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Tlogolele. Desa ini terletak di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Pendakian melalui Selo memakan waktu sekitar lima jam hingga ke puncak.

Berada di perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah, Gunung ini menyimpan berbagai macam potensi alam yang beraneka ragam. Gunung yang sempat meletus besar pada akhir tahun 2010 ini memang tidak pernah sepi dari aktivitas para pendaki. Medan yang berat dan menanjak bukanlah menjadi halangan besar bagi para pendaki,namun lebih dianggap sebagai tantangan dan hiburan. Tanah yang berdebu ketika musim kemarau dan berlumpur ketika musim hujan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi setiap pendaki.

Pendakian terakhir di tahun 2012 memperlihatkan Merapi yang masih gagah pasca letusan besar, Merapi masih menyisakan abu - abu vulcanik di setiap jalanan menuju puncaknya. Hutan yang gersang karena terjangan awan panas, jalur yang mulai hilang karena letusan merapi menjadi hasil dari apa yang dilakukan oleh Merapi.








Tidak ada komentar: