Senin, 26 April 2010

Surga di Laut Jawa itu bernama Karimunjawa

I love the blue of Indonesia, ungkapan yang sangat cocok untuk negeri kita ini “Indonesia”, menyimpan kekayaan alam laut yang menakjubkan. Bunaken, Raja Ampat, Bali dan Lombok adalah tempat – tempat indah yang sering kita dengar sebagai surganya pantai di Indonesia.

Laut Jawa, dengan desiran gelombang laut yang tenang dan nampak bersih memberikan nuansa tersendiri bagi pecinta alam dengan paduan keindahan alam bawah laut dan habitat serta alam di Laut Jawa tersebut, Karimunjawa!!! itulah surga yang berada di Laut Jawa.

Photobucket

Berada di sisi utara kota Jepara dan dapat ditempuh melalui jalur udara ataupun laut. Untuk bisa menikmati Karimunjawa butuh waktu beberapa jam perjalanan dari Jepara / Semarang menuju Karimunjawa.

Perjalanan yang sangat panjang dan lama terbayar sudah ketika kapal sudah mulai memasuki dermaga Karimunjawa, laut yang tenang dengan perairan yang bersih serta udara di langit yang cerah menjadi obat pembius kebosanan selama di perjalanan. Decak kagum akan keindahan pulau Karimunjawa nampak tersirat dari muka teman – teman yang melakukan perjalanan jauh dari Jogja ini.

Sambutan Oleh Pak Solikul

Menginjakkan kaki di Karimunjawa dan memasuki pintu gerbang dermaga kita di sambut oleh Pak Solikul, di tempat Pak Solikul inilah kita akan menginap dan mencari informasi yang lebih luas mengenai Pulau Karimunjawa. Dibutuhkan waktu 30 menit untuk dapat samapi ke rumah Pak Solikul, karena memang rumah Pak Solikul jauh dari pusat kota Karimunjawa. Sesampai di rumah Pak Solikul kami mendapatkan sapaan yang hangat dari seluruh anggota keluarga Pak Solikul, sajian sore berupa teh panas dan pisang goreng membuat lapar dahaga menjadi berkurang. Berbagai penjelasan diberikan Pak Solikul kepada kami mengenai Karimunjawa, mulai dari habitat yang ada sampai kepada tempat – tempat yang patut di kunjungi.

Sore itu tidak ada istilah istirahat dalam perjalanan kali ini, menikmati sunset di Karimunjawa adalah sajian pertama ketika kita mulai menikmati Pulau ini ( sekedar gambaran saja, belakang rumah Pak Solikul adalah pantai ). Menggunakan kapal milik nelayan, kita di antarkan untuk bisa menikmati tenggelamnya sinar mentari di tengah laut. Sungguh pemandangan yang bisa di bilang romantis ketika sedikit demi sedikit bulatan merah tersebut mulai hilang di telan air laut apalagi setelah itu kita di antarkan untuk menikmati segarnya mandi air laut di bawah sinar sunset karimunjawa. Wow… sungguh moment yang luar biasa untuk hari pertama di Karimunjawa.

Selamat Pagi Karimunjawa

Pagi itu cuaca sangat tidak bersahabat, mendung yang datang tiba – tiba membuat rencana pagi itu sedikit berantakan, hujan tiba – tiba turun dengan derasnya ketika kita berjalan ke Pantai. Namun situasi tersebut tidak membuat mood ini langsung hilang, tidak ingin menyia - nyiakan waktu di Karimunjawa maka kita melakukan perjalanan ke arah Utara. Di sana kita mencicipi indahnya dermaga lama di Pulau Karimunjawa serta menikmati pesisir pantai itu, sore harinya dengan menggunakan kapal nelayan kita diantarkan untuk menuju ke Pondok di tengah laut. Di Pondok tersebut kita dapat menikmati suasana perairan Karimunjawa yang bersih dan indah, tidak hanya itu juga kita juga dapat berenang di perairan tersebut. Sensasi berenang yang cukup menyenangkan ketika berenang di tengah laut dengan kedalaman kurang dari satu meter namun ada juga yang lebih dalam dan lebih dalam.

Eksotisme Kepulauan Karimunjawa

Pagi itu tidak seperti biasanya, kali ini kita bangun subuh untuk sekedar menikmati sunrise di dermaga Karimunjawa. Setelah menikmati sunrise pagi itu, kembali kita menikmati santapan makan pagi di rumah Pak Solikul, seperti biasanya sea food selalu menghiasi setiap hidangan santap menyantap kala kita di Karimunjawa.

Seorang bapak telah memanggil dari luar rumah untuk segera bersiap – siap karena kita akan segera di antarkan berpetualang di perairan Karimunjawa. Menggunakan perahu nelayan dengan derasnya air laut di pagi itu menjadi sebuah hiburan tersendiri, cipratan air laut selalu menghinggapi bagi mereka yang duduk di bagian depan perahu.

Pulau Cemara Besar adalah tujuan utama kali ini, perairan yang jernih dan menggiurkan menjadi daya tarik tersendiri bagi pulau ini. Tidak ada jalan yang melalui daratan di pulau ini, untuk bisa menikmati pulau ini, kita harus berjalan melalui pesisir pulau ini, tentunya melewati perairan di pesisir pulau ini. Pasir putih, air yang jernih dan pemandangan pulau di depan mata menjadi suguhan cantik dari pulau Cemara Besar. Mandi di bawah teriknya sinar matahari dengan jernihnya air laut membuat kita lupa akan waktu dan lupa bahwa sedikit demi sedikit kulit kita mulai terbakar sinar matahari. Tapi inilah Karimunjawa “di Karimunjawa harus menjadi hitam” itulah kata Pak Solikul di tengah canda – candanya bersama kita di hari pertama.

Matahari sudah berada tepat di atas kepala, sebuah pertanda bahwa hari sudah semakin siang, kami bergegas menuju kapal. Sesampai di kapal kita segera melanjutkan perjalanan menyusuri lautan Karimunjawa menuju Pulau Menjangan. Kerasnya angin waktu itu begitu terasa, arus yang deras dan teriknya sinar matahari menjadi teman perjalanan kami yang berada di kapal tersebut. Pulau Menjangan mempunyai daya tarik sebagai tempat penangkaran Ikan Hiu, di tempat ini kita bisa berenang bersama Hiu. Kita tidak menyia – nyiakan kesempatan untuk berenang dengan Ikan Buas tersebut, walaupun takut tapi kita harus melakukannya, lumayan buat oleh – oleh dari Karimunjawa.

Setelah puas bermain – main dengan Ikan Hiu perjalanan kita lanjutkan untuk melihat sisi Karimunjawa yang lain. Kali ini kita menghabiskan sore hari untuk menikmati sun set sambil menikmati jernihnya perairan Karimunjawa di bawah sinar matahari.

Itulah sore terakhir kita berada di Karimunjawa, aktivitas padat merayap di Jogja telah menginginkan kita untuk mensudahi perjalanan di Karimunjawa. Karimunjawa, sebuah surga di Lautan Jawa dengan segudang keindahan alamnya, tidak akan pernah terlupakan dan akan selalu kembali lagi ke Surga Laut Jawa itu.